Jumat, 06 September 2013

KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAAH


KEUTAMAAN SHALAT BERJAMA'AH DI MASJID

Masjid merupakan tempat ibadah yang suci bagi seluruh umat islam. Salah satu fungsi dibangunnya masjid adalah untuk menegakkan sholat berjamaah di dalamnya. Sayangnya, kita malah jarang menjumpai jamaah yang berbondong-bondong untuk sholat berjamaah meskipun masjid sudah dibangun mentereng dan berlantai marmer.
Bahkan di waktu sholat fardhu, mungkin hanya segelintir orang saja yang mengorbankan waktunya untuk shalat berjamaah di masjid. Oleh karena itu, menjelang bulan ramadhan ini, marilah kita bersama-sama memperbaiki diri agar selalu mengingat keutamaan-keutamaan sholat berjamaah di masjid.
Apa saja sebenarnya keutamaan-keutamaan sholat berjamaah dan fadhilah shalat berjamaah di masjid? Berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat berjamaah:
• Pahala menjadi berlipat ganda
Orang yang sholat berjamaah di masjid akan mendapatkan pahala berlipat lebih tepatnya 27 derajat dibanding sholat sendirian.
• Menghapus dosa dan mengangkat derajat
Sholat berjamaah dipercaya dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat bagi siapa yang mengistiqomahkannya.
• Didoakan oleh malaikat
Betapa bersyukur dan bahagianya kita ketika para malaikat memohonkan ampun rahmat untuk kita kepada Allah.
• Terhindar dari bujuk rayu setan
Setan tidak akan pernah bisa mengalahkan dan mempengaruhi seseorang yang istiqomah dalam melaksanakan sholat berjamaah.
• Ketentraman dan persatuan umat
Jika satu kelompok atau kelompok dapat mengistiqomahkan shalat berjamaah, maka Allah akan menjamin ketentraman dan persatuan mereka.
Sedangkan beberapa fadhilah shalat berjamaah di masjid adalah sebagai berikut:
1. Jika seseorang berwudhu sebelum berangkat ke masjid, maka dia sudah mendapat pahala wudhu.
2. Ketika seseorang menggunakan wewangian dan pakaian bersih dengan niat ingin sholat berjamaah di masjid, maka dia telah mendapat pahala tersendiri.
3. Ketika seseorang berjalan kaki menuju masjid, maka setiap langkahnya akan mendatangkan kebaikan dan pahala.
4. Ketika masuk masjid, seseorang akan mendapatkan pahala jika membaca doa masuk masjid dan melangkah dengan kaki kanan.
5. Ketika seseorang sudah berada di dalam masjid, dia akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pahala sholat tahiyatul masjid.
Itulah keutamaan sholat berjamaah dan fadhilah sholat berjamaah di masjid. Memang yang disunnahkan sholat berjamaah di masjid adalah laki-laki. Bagi perempuan, hukumnya adalah mubah, asalkan mendapat izin dari suami/wali serta tidak memakai wewangian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar