Jumat, 13 September 2013

CITA-CITA

CITA-CITA




Cita-cita… Apa yang kalian ketahui dengan cita-cita ? Cita-cita adalah sebuah impian yang harus kita capai dengan usaha dan semangat yang tinggi jika kita ingin mencapainya. Setiap orang pasti mempunyai cita-cita yang berbeda. Dan mungkin sejak kecil sudah mempunyai cita-cita. Apa cita-cita kalian sejak kecil ?
Waktu kita masih kecil, sering di tanya oleh orang tua kita ‘apa cita-cita alian kelak, nak ?’, pasti kita akan menjawab ‘aku ingin menjadi dokter’. Tak ada jawaban lain selain ingin menjadi dokter. Mungkin ada beberapa anak yang memiliki jawaban yang berbeda.
Dulu aku bercita-cita ingin menjadi seorang Polisi Wanita (Polwan). Sepertinya menjadi Polwan itu gagah, di segani banyak orang, dan pekerjaannya mulia. Tetapi cita-cita itu belum terpenuhi sekarang. Karena ayah dan ibu bilang ‘lebih baik kamu kuliah dulu, baru coba daftar menjadi Polwan kalau sudah menjadi sarjana’.
Kata-kata orang tua ku selalu aku dengar. Karena perkataan mereka adalah doa untuk kesuksesan ku. Aku selalu berdoa ‘Ya Allah, semoga aku dapat menyelesaikan kuliah ku tepat waktu (4 tahun) dan aku bisa menjadi Polisi Wanita’, doaku di setiap shalat.
Bagi kalian yang ingin mencapai cita-cita, terus berjuang, mohon doa kepada orang tua agar segala sesuatunya diberikan kelancaran untuk mencapai cita-cita. Dan jangan lupa terus belajar. Jangan patah semangat an jangan putus asa untuk mencapai suatu cita-cita….
CARA AGAR CITA-CITA TERCAPAI
Anak bangsa umumnya harus mempunyai cita-cita dimanapun berada baik didesa ataupun diperkotaan karena cita-cita dapat menguatkan usaha kita untuk menjadi apa yang kita harapkan. Selain itu cita-cita merupakan tolak ukur untuk mengetahui kadar tujuan hidupnya didunia, seberapa besar cita-cita yang diinginkan maka besar pula semangat dan usaha untuk meraihnya serta rintangannya pun besar juga maka dari itu orang yang mempunyai cita-cita yang besar biasanya orang sudah mempunyai kepribadian yang kuat yang ditempuh dengan berbagai macam cara seperti halnya melalui pendidikan baik pendidikan sekolah ataupun pendidikan luar sekolah. Orang yang berpendidikan dirinya akan mampu berfikir dan menyambung wawasannya menjadi sebuah keinginan, semua anak sekolah pasti mempunyai cita-cita walaupun kadang-kadang cita-cita itu berubah. Hal itu berubah dikarenakan ada beberapa kemungkinan.
Pertama, pola pikir yang semakin luas, sejak SD  seorang anak mempunyai cita-cita ingin jadi guru namun setelah ia menjalani sekolah dari setiap jenjang ia jalani dan sekarang dia sudah sarjana maka tidak lagi ingin menjadi guru karena pola pikirnya semakin luas dan mereka mengenal bagaimana profesi seorang guru.
Kedua, tingkat perekonomian. Sejak kecil dia adalah anak seorang miskin yang mempunyai cita-cita jadi seorang pengajar namun sesudah ia dewasa dan bapaknya menjadi kaya dia berubah ingin menjadi orang yang kaya dengan berubah cita-citanya menjadi seorang pengusaha ataupun sebaliknya.
Ketiga, faktor fisik. Cita-cita yang ia dambakan menjadi seorang pembalap dunia harus putus karena dia mengalami tabrakan yang mengakibatkan ia lumpuh.
Memperjuangkan untuk menggapai cita-cita adalah perbuatan yang luhur asalkan dengan cara yang baik pula dan berikut trick agar bisa meraih cita-citanya bagi anak bangsa,
  • Meluaskan wawasan kita
Untuk menggapai cita-cita yang besar tentunya tidak mudah apa yang kita bayangkan, kadang dibayangan kita sepertinya mudah namun setelah menjalaninya minta ampun sulitnya. Seorang yang mempunyai cita-cita besar agar tercapai cita-citanya harus mempunyai wawasan yang luas dengan berbagai cara seperti bersekolah dengan bersungguh-sungguh dan mempunyai pengalaman yang luas sebagai langkah menggapai cita-citanya. Orang yang luas wawasannya akan mengalami kemudahan dalam berbagai urusan serta dapat butuhkan orang banyak.
  • Yakin dan percaya diri
Seorang pemburu cita-cita tidak lah bisa menangkap keinginannya jika tidak diiringi rasa yakin dan percaya akan dirinya untuk menggapai buruannya itu karena keyakinan dan rasa percaya diri itu akan menambah semangat memburu kalian dengan segala pandangan untuk meraihnya dan keteguhan yang ia andalkan. Orang yang tidak mempunyai pendirian dan tidak yakin akan dirinya maka dia akan goyah dalam perjuangannya sehingga dirinya dibuntuti rasa yang gundah dan akan ragu-ragu atas kemampuan dirinya untuk menggapai keinginannnya itu.
Jika kamu menjadi seorang petualang maka yang kamu fikirkan adalah bagaimana mensiasati agar rintangan tidak  membasmimu dengan segala teknik yang kamu gunakan untuk menipu tipu dayanya serta mencari jalan yang baik dan cepat untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Untuk  itu pikiranlah yang kamu gunakan begitu pula dengan menggapai cita-cita kamu harus pandai mengotak atik hidupmu agar cita-citamu bisa tercapai dengan mudah melalui akal pikiranmu. Melalui pikiran sikap, perkataan dan perbuatanmu akan terkendali dengan sendirinya karena kamu akan diarahkan ketempat yang kamu inginkan yaitu cita-citamu. Sebagai anak bangsa seharusnya kalian bisa mengendalikan pikiran kalian untuk hal-hal yang berguna demi masa depan diri kalian lebih-lebih bangsa kalian.
  • Jiwa cerah, terbebas dari masa lalu yang kelam
Proses kehidupan yang dijalani oleh seseorang mungkin berbeda-beda dalam hidupnya. Jika anda adalah orang yang mengalami masa lalu hidup yang kelam dan rasanya tidak patut untuk dirasakan oleh kalian saking sakitnya seperti kehilangan seseorang ataupun lainnya maka agar kalian menemukan jiwa yang cerah/jiwa yang baru dalam hidup anda dengan melupakan kenangan yang tak berarti itu yang membuat anda tidak mempunyai semangat hidup dan menjadikan kalian terpuruk dengan alasan yang membuat perbuatan burukmu itu. Sekarang harus meluapkan dengan membuanya dan menuburnya jauh-jauh serta segera senyum seindah-indahnya mulailah dengan sejuta semangat yang baru untuk menggapai impiannya dimasa lalu yang sekian lama terkubur.
Kuat dalam terpuruk
Ada sebuah istilah yang dialami oleh segelintir orang yang mempunyai kepribadian kuat wawasan yang luas saat mereka gagal “mungkin sekarang saya terpuruk namun saya tidak mau dalam keterpurukan ini saya harus bangkit kembali menuju impian saya”. Pernyataan tersebut dialami oleh sebagian besar orang yang mengalami kegagalan ditengah-tengah usahanya menggapai impiannya. Ya begitulah tantangan hidup, jatuh bangun bukanlah masalah. jangan pernah untuk takut gagal karena ada seorang bijak mengatakan “kegagalan yang kamu alami saat ini sebenarnya kamu sudah mendekati kesuksesan ” untuk itu kebanyakan orang yang gagal tidak mau bangkit lagi untuk menutupi kegagalannya. Maka dari itu menjadi seorang anak bangsa tidak akan pernah taku dengan yang namanya kegagalan penuh kegigihan dalam menempuh hidup yang diinginkan. Bahkan dapat digambarkan oleh pejuang kita dimasa memperjuangkan kemerdekaan mereka mengalami kegagalan yang amat sering bahkan rasanya tidak terhitung namun dengan semangat yang tidak mau gagal mereka mampu menaklukkan penjajah.
  • Bermuka berseri
Menempuh cita-cita memang dapat mengkerutkan wajah karena berbagai tantangan yang dihadapi dengan sejumlah kegagalan yang didapat semua itu membuat kita resah dan semangat untuk maju terus terkadang membuat kita terlalu serius sehingga membuat kita menjadi orang yang tidak mau bercanda tawa bahkan sikapnya nampak selalu sendiri yang membuat kalian sumpek dan lama-kelamaan akan stress untuk itu dalam menjalani persoalan dan tantangan dalam menggapai cita-citanya itu lakukan dengan cara yang santai dengan tetap menampakkan kesenangan kita pada dunia bahwa kita mampu menempuh dengan cara yang sangat indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar